Berapa Tinggi Plafon Ideal Rumah di Daerah Tropis? Simak Pembahasannya

Tentunya ada beberapa pertimbangan penting yang perlu diperhatikan saat membangun rumah idaman agar penghuninya merasa nyaman dan aman. Salah satunya mempertimbangkan tinggi plafon ideal rumah di daerah tropis untuk memperkirakan dimensi lantai bawah dan atap dengan tepat.

Plafon rendah memang akan memberikan nuansa hangat, namun sayangnya membuat bangunan terlihat gelap dan sempit. Dimensi plafon terlalu tinggi pada bangunan juga bisa membuat rumah terkesan luas dan megah, namun estetika hunian sulit didapatkan saat ruangan terasa kosong tidak ada isinya.

Berapa Tinggi Plafon Ideal Rumah di Daerah Tropis?

Perlu Anda ketahui, plafon bangunan ternyata memiliki ukuran ideal untuk membuat bangunan terlihat lebih estetik, luas, dan megah. Menurut Direktur Utama PT Sanskara Bumi Perkasa, Harismawan Akbar Dwiatmojo menuturkan bahwa tinggi ideal plafon rumah minimal 2,4 meter dari bawah lantai.

Khusus daerah tropis panas bisa membuat plafon dengan ketinggian rata-rata mencapai 2,8-3,2 meter, sedangkan daerah tropis dingin menggunakan plafon ketinggian 2,4-2,5 meter. Mengapa tinggi plafon dibedakan? Karena iklim dalam suatu wilayah bisa mempengaruhi suasana dalam bangunan rumah.

Dengan menerapkan tinggi plafon rumah ideal, para penghuninya akan merasakan kenyamanan saat berada didalamnya. Daerah dingin bisa membuat plafon lebih pendek untuk menangkap panas, sehingga hemat penggunaan energi. Bagaimana dimensi plafon paling tepat khusus daerah tropis?

Bangunan rumah daerah tropis bisa dibuat sebaliknya untuk membuat sirkulasi udara lancar, tidak panas, dan kelembaban minim. Pengaturan tinggi rendah plafon dalam bangunan rumah sangat mempengaruhi tingkat kenyamanan para penghuninya, oleh sebab itu perlu dipertimbangkan secara matang.

Bagaimana Cara Menentukan Tinggi Plafon Ideal?

Para arsitektur atau konsultan proyek tentunya memiliki metode sendiri untuk menentukan tinggi plafon ideal dalam sebuah bangunan. Dengan konsep perhitungan yang matang, nantinya Anda akan lebih mudah mendapatkan hunian estetik, nyaman, dan terlihat lapang walaupun bangunan minimalis.

1.  Menyesuaikan Kondisi Iklim dan Cuaca

Untuk mendapatkan perhitungan tinggi plafon ideal secara tepat, Anda bisa menyesuaikannya dengan iklim pada kawasan tersebut. Daerah iklim tropis bisa membuat langit-langit rumah tampak lebih tinggi untuk menghindari suhu panas apabila musim kemarau telah tiba.

Tinggi plafon ideal rumah di daerah tropis bisa antara 2,8-3,2 meter agar kenaikan suhu antara lantai dan plafon tidak sampai 4 derajat Celsius. Jarak antara plafon dengan lantai akan sangat mempengaruhi suasana hunian, maka dari itu konsultasikan dengan pihak yang berpengalaman.

2.  Perhitungan Tinggi Plafon dengan Luas Ruangan

Jika membicarakan mengenai proporsi, biasanya para arsitektur menggunakan aturan baku bahwa tinggi ruangan harus lebih besar dibandingkan lebar ruangannya. Untuk mendapatkan ukuran plafon ideal, Anda bisa menggunakan rumus perhitungan sebagai berikut.

Tinggi plafon ideal = Tinggi Badan Penghuni Rumah + 76 cm

Tinggi plafon ideal dalam rumah menurut Alexander and Pearl, bisa dihitung dari hasil menambah ukuran tinggi badan Anda dengan 76 cm. Kira-kira itulah jarak ideal antara langit-langit rumah dengan lantai bawah. Masih bingung dengan konsep perhitungannya?

Tinggi badan B mencapai angka 160 cm, lalu bagaimana cara menentukan tinggi plafon ideal rumah B? Anda bisa menggunakan tinggi badan sebagai patokannya.

Tinggi Plafon Ideal = 160 cm + 76 cm = 236 cm—-2,36 meter

Berdasarkan hasil perhitungan yang sudah dilakukan dengan menggunakan indikator tinggi badan B, tinggi plafon ideal bangunan rumahnya bisa dibuat 2,36 meter. Saat musim dingin tiba, ukuran plafon bisa memberikan nuansa kehangatan, rasa nyaman, dan sirkulasi udara memadai.

Manfaat Memiliki Bangunan dengan Tinggi Plafon Ideal

Cukup mudah menghitung tinggi plafon ideal rumah di daerah tropis, bukan? Tentunya ada banyak manfaat memperhatikan tinggi plafon ideal. Sejatinya ukuran plafon memang harus disesuaikan dengan luasan bangunan rumah, sehingga kenyamanannya dapat dilakukan secara lebih mudah.

1.  Bangunan Terasa Lebih Sejuk

Dengan menerapkan tinggi plafon ideal, akan membuat sirkulasi udara lebih mudah masuk untuk menciptakan kesejukan didalamnya. Plafon tinggi bisa membantu menahan udara panas dari atap jauh lebih baik, sehingga penghuni rumah tidak akan mudah merasa gerah kepanasan.

2.  Menambah Estetika Bangunan

Rumah dengan kondisi langit-langit tinggi akan membuat bangunan terkesan megah dan mewah. Ditambah lagi dengan dekorasi furnitur, nilai estetika bangunan tampak sempurna. Bangunan yang awalnya terlihat biasa dari depan, material plafon bisa membuat tampilannya lebih menarik.

3.  Daya Jual Bangunan Bisa Lebih Tinggi

Memperhatikan tinggi plafon ideal akan membuat interior rumah tampak lebih mewah, kemudian ditambah dengan ornamen lampu gantung. Bangunan tampak luas, mewah, dan sirkulasi udara lancar bisa membuat daya jualnya lebih tinggi dari harga sebelumnya.

Tinggi plafon ideal rumah di daerah tropis panas rata-rata bisa dibuat 2,8-3,2 meter, sedangkan tropis dingin 2,4-2,5 meter. Dengan menggunakan tinggi plafon ideal, Anda bisa merasakan kenyamanan, kehangatan, dan nilai plus dari segi estetika bangunan saat dipadukan ornamen dekorasi lainnya.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top