5 Alasan Memilih Jurusan Teknik Sipil yang Harus Kamu Ketahui

alasan masuk teknik sipil

Apakah posisi kamu sekarang sedang berada di kelas 3 SMA? Sudah menentukan jurusan kuliah belum? Kelas 3 itu waktunya tidak akan terasa lho, tau-taunya sudah waktunya ujian, setelah ujian sudah harus mulai daftar sana, daftar sini untuk melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi.

Nah, jurusan apa sih sebenarnya yang bagus untuk dipilih? Sebenarnya semua jurusan mempunyai keunggulannya masing-masing di bidangnya, tapi tahukah kamu bahwa ada satu jurusan yang bisa dibilang mempunyai banyak keunggulan. Belum tahu? Nih, saya kasih tahu ya, yaitu jurusan teknik sipil. Untuk lebih lengkapnya, kamu harus simak dulu nih alasan masuk jurusan teknik sipil yang pastinya akan membuat kamu tertarik pada jurusan ini.

Tulisan ini untuk kamu yang sedang bingung mau masuk teknik sipil atau memilih jurusan lain.

Pembelajaran yang Asik

Jadi, di jurusan teknik sipil ini nantinya kamu akan mempelajari tentang hal-hal yang berbau desain, mulai dari perancangan sampai eksekusi pengimplementasiannya. Untuk perbedaannya dengan jurusan arsitek, saya sudah bahas di perbandingan jurusan arsitektur dan teknik sipil. Misalkan ada bangunan gedung yang tinggi dan kokoh, itu yang ngitungnya anak sipil lho! Nah, untuk kamu yang masih awam dalam dunia desain, kamu tidak perlu khawatir. Karena di jurusan teknik sipil ini akan dipelajari dari dasar lagi, mulai dari menghitung dan menggambar di kertas, kemudian sampai mempelajari membuat desain dari software seperti SAP 2000, AutoCAD dan masih banyak lagi.

Mendapat Ilmu yang Sangat Bermanfaat

Yang namanya kuliah, pastinya memang dilakukan untuk mendapatkan ilmu yang lebih lagi dari tingkatan sebelumnya bukan? Nah, inilah dia salah satu alasan memilih jurusan teknik sipil, yang mana di sini kamu akan mendapatkan banyak ilmu yang sangat bermanfaat baik itu bagi kamu sendiri maupun bisa digunakan untuk kepentingan umum lainnya.

Maksud dari kepentingan umum ini yaitu karena ilmu teknik sipil ini sendiri bisa diaplikasikan untuk membuat konstruksi yang mana sangatlah menunjang untuk kebutuhan publik. Selain itu, dengan memilih jurusan teknik sipil, kamu juga akan mampu untuk menganalisa sesuatu dengan lebih cepat serta membuat problem solving yang cepat pula. Kalau dosen saya bilangnya gini, feeling engineering.

Hal ini karena selama pembelajarannya, para mahasiswa jurusan teknik sipil selalu diajarkan dan dilatih untuk menganalisis suatu permasalahan dan dituntut untuk mampu menemukan problem solve-nya. Yang mana hal ini juga pasti akan ditemukan di dunia kerja, sehingga kamu tidak akan kaget lagi dengan banyaknya permasalahan yang timbul.

Bahkan, di teknik sipil ada banyak kelompok bidang keahlian, yang nantinya bisa kamu pilih sesuai dengan minat dan kemampuan kamu cocoknya dimana. Berikut cabang-cabang ilmu teknik sipil :

  • Struktur
  • Transportasi
  • Geotek
  • Sumber Daya Air
  • Manajemen Kontruksi

Dibentuk jadi Lulusan yang Kompeten

Dalam jurusan teknik sipil ini bisa dibilang banyak sekali hal yang harus kamu pelajari. Maka tidak heran apabila hal inilah yang membuat lulusan teknik sipil mempunyai kompetensi yang lebih baik dari yang lainnya. Bahkan bukan hanya soal kuantitas, mengenai kualitasnya pun tidak perlu diragukan lagi karena mereka selalu dituntut untuk bisa memanajemen waktu dengan baik dalam situasi apapun.

Dapat Meraup Banyak Relasi

Alasan memilih jurusan teknik sipil lainnya yang bisa dibilang termasuk ke dalam hal paling menguntungkan adalah kamu bisa mendapatkan banyak relasi. Bahkan sejak kamu masih duduk di bangku kuliah. Hal ini terjadi karena semasa kuliah di jurusan teknik sipil. Kamu bukan hanya belajar di dalam kelas saja, melainkan lebih banyak belajar di lapangan.

Dengan terjun langsung ke lapangan, maka tidak heran apabila kamu bisa bertemu langsung dengan orang-orang dan langsung berinteraksi dengan mereka. Sehingga dengan cara ini, skill komunikasi pun akan lebih terlatih dan terasah lagi. Ada juga momen dimana mahasiswa akan ditempatkan di suatu perusahaan tertentu dalam kurun waktu yang cukup lama, yang mana hal ini juga akan membuka pintu relasi dengan klien dari perusahaan tersebut.

Peluang Kerja Sangat Luas

Dengan banyaknya hal yang dipelajari oleh mahasiswa jurusan teknik sipil, maka tidak heran apabila peluang kerjanya pun sangat luas. Sebagai lulusan teknik sipil, nantinya kamu bisa menjadi seorang kontraktor, project manager, perencana struktur, pengawas, quality controller, surveyor, konsultan bangunan, developer, maupun bekerja di BUMN.

Nah, itulah beberapa alasan memilih jurusan teknik sipil yang tentunya bisa menunjang karirmu ke depannya.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *