Sub-struktur dan Super-struktur Pada Konstruksi Bangunan

substruktur dan superstruktur

Dua komponen utama bangunan adalah substruktur dan superstruktur. Substruktur adalah bagian bangunan yang berada di bawah tanah, sedangkan superstruktur adalah segala sesuatu dari konstruksi bangunan yang berada di atas tanah.

Sub-struktur

Fungsi utama dari substruktur sebuah bangunan adalah untuk memindahkan beban dari superstruktur tersebut ke tanah yang ada di bawahnya. Inilah mengapa substrukturnya tepat bersandar pada tanah yang menopangnya. Maka dari itu, penting bagi engineer memastikan bahwa semua komponen struktur seperti balok, kolom dan pondasi terintegrasi dengan baik untuk memastikan tidak adanya kegagalan struktur pada substruktur.

Biasanya substruktur terbuat dari beton bertulang. Substruktur meliputi pondasi dan sloof. Setelah substruktur terbangun, urugan pasir, beton tumbuk ditambahkan hinggai mencapai muka lantai untuk meminimalisir kelembapan menembus ke bagian substruktur.

Super-struktur

Superstruktur pada bangunan adalah bagian dari konstruksi bangunan yang letaknya di atas permukaan tanah dimana tempat orang menghabiskan sebagian besar waktunya. Area ini termasuk lantai pertama dan kedua pada rumah bertingkat dan semua tingkatan lantai pada bangunan gedung yang memiliki lantai lebih besar. Superstrukturnya meliputi balok, kolom, lantai, kuda-kuda dan semua komponen struktur yang di atas pondasi.

Bagian superstruktur umumnya jauh lebih besar daripada bagian substruktur. Semua itu wajar, karena superstrukturnya jauh lebih besar daripada substrukturnya.

Perbedaan antara Sub-struktur dan Super-struktur

Substruktur

  • Struktur yang berada di bawah permukaan tanah.
  • Struktur ini mentransfer beban yang diterima dari superstruktur dan memindahkannya ke pondasi.
  • Seperti pondasi dan sloof pada bangunan gedung dan pilar dan abutmen pada jembatan.

Superstruktur

  • Elemen internal dan eksternal sebuah bangunan yang berada di atas substruktur.
  • Merupakan Struktur yang terletak mulai dari permukaan substruktur sampai atasnya.
  • Struktur yang emindahkan beban dari bagian atas bangunan ke substruktur.
  • Struktur di atas baring dan permukaan keausan
  • Termasuk dinding, balok, kolom dan kuda-kuda.

Baik substruktur maupun superstruktur adalah bagian penting dari bangunan dan tanpa ada keduanya tidak ada namanya rumah atau bangunan. Jika Anda mencoba membangun hanya superstruktur tanpa substruktur di bawahnya, seluruh supertruktur tidak akan kuat untuk menahan beban dan akan terjadinya kegagalan struktur pada bangunan yang Anda bangun.

Oleh karena itu, pastikan bahwa substruktur cukup kuat sebelum ditambahkannya superstruktur yang bahkan lebih kokoh di atasnya.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *