DuckDuckGo, Mesin Pencari yang Menjaga Privasimu

 

Dewasa ini, ada banyak sekali website mesin pencari atau search engine. Tapi tak bisa dipungkiri, Google adalah menjadi pilihan banyak orang, perusahaan search engine lainnya kewalahan untuk bersaing dengan Google. Tapi, ada satu mesin pencari yang memanfaatkan kekurangan dari Google, yaitu DuckDuckGo. 

Munculnya ide peluncuran DuckDuckGo dimulai dari tahun 2008, sudah lama bukan? Pertama kali mereka mengumumkan peluncuran resminya di situs Hacker News dan komunitas reddit. Pada tahun 2010, mereka mengambil keputusan yang berani, yaitu tidak melacak riwayat pencarian dari pengguna. Hingga pada tahun 2019, pencarian per bulan mesin pencari ini menyentuh angka 1 milyar. Bahkan sekarang pada saat artikel ini ditulis, sudah mencapai angka 2,4 Milyar. Banyak pengguna bukan? 

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang mesin pencari ini, simak ulasan berikut!

Apa itu DuckDuckGo?

DuckDuckGo adalah mesin pencari yang berfokus kepada menjaga privasi dan informasi dari penggunanya. Pada halaman Kebijakan Privasi mereka menjelaskan secara singkat dan jelas yang berbunyi demikian “Kami tidak mengumpulkan atau membagikan informasi pribadi.”

Maksud dari menjaga privasi disini, semua yang kamu cari di DuckDuckGo itu dilindungi dan tidak dicatat. Bukan hanya riwayat pencarian, mereka juga menjaga informasi kamu. Seperti yang mereka jelaskan

Saat Anda mengakses DuckDuckGo (atau situs Web apa pun), browser Web Anda secara otomatis mengirimkan informasi tentang komputer Anda, misalkan Agen Pengguna dan alamat IP Anda. Karena informasi ini dapat digunakan untuk menghubungkan Anda ke pencarian Anda, kami tidak mencatatnya sama sekali. Ini adalah praktik yang sangat tidak biasa, tetapi kami merasa ini adalah langkah penting untuk melindungi privasi Anda.

Perbandingan DuckDuckGo dan Google

Contohnya waktu kamu cari “meja belajar” gak lama dari itu iklannya pasti muncul tentang meja belajar. Gak berhenti disitu, misalkan kamu download aplikasi di playstore yang kamu download untuk bersifat sementara, gak lama dari itu pasti muncul iklan aplikasi itu ketika kamu browsing.

Tapi kalau kamu merasa keberatan, kamu bisa hapus dan atur supaya tidak dipersonalisasi di (https://myaccount.google.com/). 

Perbandingan DuckDuckGo dan Incognito Mode/Private Mode

Ketika kamu browsing pakai mode Incognito, browser tidak akan mencatat riwayat penjelejahan di browser kamu doang. Privasi kamu tetap terjaga seutuhnya, web yang kamu kunjungi waktu pakai private mode tetap dapat melihat informasi tentang kamu, sepert IP Addres kamu, browser yang kamu pakai dan masih banyak lagi. Google sudah ada menjelaskannya di https://support.google.com/chrome/answer/7440301

Artinya, dalam mode Inconigto, Google masih dapat mencatat riyawat pencarian kamu. Walaupun, di browser kamu gaada riwayat penulusuran/history web apa saja yang kamu kunjungi, tapi Google tetap tau apa yang kamu cari.

Kalau mau privasi terjaga di internet, menggabungkan keduanya juga bisa, kenapa tidak? Pakai Mode Incognito dengan mengaktifkan Ekstensi browser tambahan dari DuckDuckGo bisa di https://duckduckgo.com/app

Perlukah kamu pindah ke DuckDuckGo?

Kalau kamu merasa terganggu karena data kamu dikumpulkan untuk personalisasi, DuckDuckGo memang cocok untuk kamu. Kalau saya sendiri tidak keberatan, untuk sehari-hari saya masih menggunakan Google. Seperti personalisasi iklan, saya anggap itu tidak menganggu, misalkan ketika saya lagi cari sepatu gak dapat-dapat, lalu muncul iklan google yang menunjukan sepatu yang ternyata sepatu itu model yang saya cari, saya anggap itu membantu. Cuma untuk kondisi tertentu saya pakai DuckDuckGo.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top