8 Tips Rumah Sempit Terlihat Luas, Lebih Keren dan Mewah!

Memiliki bangunan minimalis akan membuat setiap sudutnya terasa lebih sempit, ditambah lagi banyak perabotan sekeliling berukuran besar. Kira-kira bagaimana tips rumah sempit terlihat luas? Tentunya ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk membuat ruangan sempit terlihat lebih lapang dan luas.

Misalnya dengan menggunakan perabot multifungsi, sehingga Anda tidak perlu memajang terlalu banyak perabotan dalam rumah. Mengusung konsep ruangan terbuka pada hunian juga bisa diterapkan dengan mengurangi bagian sekat ruangan, sehingga bangunan terlihat lebih lapang dari sebelumnya.

Tips Rumah Sempit Terlihat Luas dan Nyaman

Ingin memiliki hunian tampak lapang tidak hanya bisa dilakukan dengan membangun rumah berukuran besar, namun Anda bisa menggunakan tips lainnya. Banyaknya perabotan, sekat ruangan, dan warna cat tembok ternyata juga bisa mempengaruhi suatu bangunan terlihat sempit dari ukuran sebenarnya.

1.  Menggunakan Cat Tembok Berwarna Cerah

Mungkin masih banyak orang yang belum mengetahui bahwasannya warna cat cerah pada hunian bisa memberikan kesan lapang dan mewah. Misalnya menggunakan cat warna putih, bangunan minimalis bisa terlihat luas walaupun sebenarnya ukurannya memang kecil.

Tips rumah kecil agar terlihat luas dapat dilakukan dengan menggunakan style bangunan warna putih pada bagian elemen ruangan maupun furnitur. Selain menggunakan cat warna putih, Anda bisa mengaplikasikan warna abu-abu, cream, dan orange untuk menciptakan kesan lega.

2.  Memasang Mezzanine

Mezzanine merupakan area lantai tambahan bagian atas dekat langit-langit rumah, namun ukuran luasnya dibuat setengah bagian. Tips kali ini sangat cocok untuk bangunan yang memiliki ukuran atap tinggi, sehingga tampilannya tampak lebih luas daripada bangunan lainnya.

Mezzanine bisa dipasang pada ruang kerja, kamar tidur, dan ruangan lainnya untuk menciptakan kenyamanan. Sayangnya mezzanine memiliki struktur kurang kokoh, sehingga Anda perlu berhati-hati dalam meletakkan perabotan rumah khususnya dalam ruangan berukuran kecil.

3.  Memanfaatkan Perabot Multifungsi

Tips rumah sempit terlihat luas bisa dilakukan dengan menggunakan perabot multifungsi dalam rumah. Dengan begitu tidak perlu memasang perabotan banyak dalam ruangan misalnya rak buku, rak sandal, rak sepatu, dan furnitur lainnya. Masih bingung memanfaatkan perabot multifungsi?

Anda bisa pasang sofa dalam ruang tamu untuk tempat bersantai sambil duduk. Perabotan lain seperti lemari multifungsi bisa digunakan sebagai tempat buku, sandal, dan sepatu. Intinya pilih perabot multifungsi untuk membuat ruangan tidak terlalu penuh, namun masih bisa tertata rapi.

4.  Menggunakan Konsep Ruangan Terbuka

Bangunan minimalis dengan area luas terbatas bisa disiasati dengan menggunakan konsep ruang terbuka untuk membuat tampilan lebih lapang. Salah satu faktor yang menyebabkan rumah terlihat sempit karena terlalu banyak penyekat didalamnya, oleh sebab itu bisa dibuat konsep terbuka.

Lalu bagaimana membatasi satu ruangan dengan ruangan lainnya? Tips rumah minimalis agar terlihat lapang bisa menggunakan sekat berupa perabotan. Cukup gunakan sofa atau rak sebagai partisi ruangan, sehingga interior bangunan bisa terlihat estetik dan lapang dari biasanya.

5.  Menambahkan Cermin

Ternyata menggunakan cermin bisa memberikan efek luas pada ruangan, wajar sekarang banyak orang memasangnya pada ruangan kamar. Anda bisa menggunakan cermin ukuran sedang atau besar sesuai selera, namun tetap perhatikan kesan estetik dalam interior bangunan tersebut.

Jika ingin tampilan cermin lebih menawan, gunakan cermin dinding dengan gaya dekorasi super unik misalnya gantungan tali, tema mozaik, dan lainnya. Selain diletakkan dalam kamar, Anda juga bisa memasang cermin minimalis dalam ruang tamu sebagai pemanis dekorasi interior.

6.  Menggunakan Lantai Berpola Strip

Tips rumah sempit terlihat luas lainnya dengan menerapkan lantai berpola strip. Lantai pola strip bisa menciptakan semacam ilusi mata, sehingga ruangan terlihat lebar. Bagi Anda yang tidak terlalu paham mengenai desain lantai, bisa koordinasi dengan konsultan proyek bangunan.

Khusus ruangan dengan konsep lorong panjang, cukup gunakan lantai pola strip untuk membuat permukannya terlihat lebar. Khusus bangunan dengan konsep minimalis, terapkan lantai strip pola sederhana agar menampilkan kesan lebih lapang pada ruangan tersebut.

7.  Menghiasi Plafon

Jika bangunan tempat tinggal tidak terlalu lapang, Anda bisa coba pilih desain plafon tinggi untuk menciptakan kehangatan sekaligus suasana nyaman. Cara membuat ukuran plafon terlihat tinggi bisa dilakukan dengan menggunakan wallpaper, aksen kayu, dan cat berwarna klasik.

Setiap pasang mata umumnya akan terdistraksi melihat ke atas, sehingga bisa menciptakan ilusi ruang vertikal lebih tinggi. Walaupun lebar bangunan tidak terlalu luas, namun plafon tinggi bisa menjadi solusi terbaik untuk membuatnya terlihat luas dan mewah.

8.  Menggunakan Tirai Besar dan Jendela

Jendela besar lebih affordable dipasang pada bangunan tempat tinggal dibandingkan menciptakan jendela banyak ukuran kecil. Dengan menggunakan jendela besar, intensitas cahaya matahari dalam ruangan jauh lebih banyak, sehingga membuat tampilannya tampak lebih luas.

Lalu apa hubungannya dengan tirai besar? Senada dengan jendela berukuran besar, tirai mampu membuat langit-langit terlihat lebih tinggi. Ruangan sempit akan terlihat sangat luas secara vertikal, oleh sebab itu banyak rumah bertingkat menerapkan metode interior seperti ini.

Tips rumah sempit terlihat luas bisa dilakukan dengan cara memanfaatkan perabot multifungsi, konsep ruang terbuka, dan cat bangunan berwarna cerah. Walaupun bangunan rumahnya berukuran besar sekalipun, namun dengan penataan kurang tepat akan membuatnya terlihat sempit.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top