Convert File AutoCAD ke Versi Lama Pakai Android

Pengguna AutoCAD memang beragam, ada yang sudah terbiasa dengan AutoCAD 2007, ada juga yang menggunakan versi terbarunya, karena software ini terus melakukan update setiap tahunnya. Yang jadi kendala ketika kamu masih menggunakan AutoCAD versi lawas dan mau buka file AutoCAD yang versi terbarunya itu tidak bisa kebuka, walaupun formatnya sama-sama DWG.

Pengalaman saya waktu mau ngeprint tugas kuliah, saya menggunakan AutoCAD 2018, tapi di PC tempat saya ngeprint adanya versi 2016. Alhasil, saya harus convert dulu buka laptop lagi, males dong ya. Sekarang, kamu gak harus bolak-balik buka laptop untuk konversi file DWG versi terbaru, pakai hp kamu aja bisa kok!

Bagaimana Cara Convert File DWG ke Versi Lama Dengan Cepat?

Saya pakai aplikasi android namanya DWG FastView-CAD Viewer & Editor, aplikasinya user friendly, easy-to-use lah menurut saya. Sesuai namanya, embel-embelnya FastView memang benar-benar cepat dan gak ribet. Bahkan, menurut saya lebih bagus daripada aplikasi AutoCAD resmi yang versi android, dari rating pun aplikasi ini lumayan tinggi.

Banyak kelebihan yang ditawarin DWG FastView, bukan hanya format DWG aja yang bisa dibuka, DXF juga bisa. Selain itu, kamu gak harus registrasi dulu untuk mengoperasikan aplikasi ini, tanpa internet juga kita bisa mengaksesnya. Kamu juga lebih gampang buka file CAD di lapangan tanpa harus bolak-balik laptop, asik kan?

Sampai artikel ini ditulis, aplikasi ini sudah diunduh oleh 5 juta user lebih, dan mendapatkan 36 ribu lebih review positif di Playstore. Untuk menggambar di aplikasi ini, kita harus upgrade ke versi premium dulu untuk membuka beberapa fitur, seperti perintah Trim, Offset, dll. Tapi, menurut saya versi gratisnya aja udah cukup banyak fitur kok.

Apakah harus versi premium untuk bisa convert file? Tidak, saya cuma pakai versi gratisnya.

Wah sudah kepanjangan saya ngomongnya, sudah kaya promosi. Berikut caranya ya!

Cara Convert File DWG menggunakan DWG FastView

Catatan : File yang saya pakai file DWG versi AutoCAD 2018. Saya akan contohkan cara convert file DWG AutoCAD 2018 ke 2007. Bahkan, bisa dikonversikan lagi ke versi dibawah 2007.

  • 1. Download dulu apk DWG FastView di Playstore android kamu.
    DWG Fastview untuk konvert autocad
  • 2. Pilih menu File dibawah, lalu cari folder tempat kamu menyimpan file dwg kamu, terus klik pada file yang mau kamu konversi.
    versi dwg converter
  • 3. Pilih Edit Mode, karena disini tujuan kita meng-konversi file.
    Membuka file dwg autocad menggunakan android
  • 4. Setelah itu, klik ikon Save lalu pilih Save As. Lalu pilih folder untuk tempat kamu menyimpan filenya, supaya nanti mudah ketemu.
    Membuka file AutoCAD berbeda versi
  • 5. Pada File Name (yang saya tandain warna biru sepert di bawah) isi nama file dan pada Version (yang saya tandain warna merah) pilih versi AutoCAD sesuai yang kamu inginkan.
    membuka file dwg autocad menggunakan hp
  • 6. Selesai. Untuk tempat menyimpan file, saya sarankan ada folder tersendiri, supaya nantinya kalau mau kirim atau dipindahkan ke laptop/PC gak ribet nyarinya.

Jika folder tempat kamu simpan sama tempatnya dengan folder file ACAD versi terbarunya nama file tidak boleh sama, karena akan otomatis ditolak kalau namanya sama. Berbeda dengan di PC dimana filenya bisa langsung ketimpa.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top